Senin, 07 Juli 2008

Uraian Tugas PT. Astra International Tbk.-Isuzu Sales Operation Cabang Lampung


1. Kepala Cabang (Branch Head)
PT. Astra International Tbk.-Isuzu Sales Operation dipimpin oleh seorang Kepala Cabang yang bertanggung jawan secar langsung kepada kantor pusat Jakarta. Segala kegiatan yang berlangsung pada cabang berada dibawah wewenang kepala cabang. Kepala cabang bertanggung jawab terhadap penjualan unit kendaraan, penjualan spare parts, penjualan jasa service dan keadan keuangan perusahaan cabang.
2. Kepala Administrasi (Administration Head)
Kepala Administrasi bertanggung jawab atas semua kegiatan administrasi yang berlangsung termasuk laporan administrasi unit, laporan administrasi servis dank as yang ada pada cabang harus dengan persetujuan kepala administrasi. Kepala administrasi bertanggung jawab secara tidak langsung kepada Kepala cabang dan bertanggung jawab secara langsung kepada Accounting pusat. Pada PT. International Tbk-ISO, kepala administrasi juga berfungsi sebagai kepala personalia (Human Resource Department) yang bertanggung jawab atas perekrutan pegawai atas persetujuan kantor pusat.



3. Kepala Bengkel (Workshop Head)
Kepala Bengkel bertanggung jawab secara penuh terhadap kegiatan yang terjadi pada benkel termasuk kegiatan administrasi. Kepala bengkel bertanggung jawab kepada kepala cabang. Kepala bengkel juga bertanggung jawab terhadap kuantitas penjualan jasa bengkel, spare parts dan bahan. Kepala bengkel pada PT. Astra International Tbk.-ISO cabang Lampung juga berfungsi sebagai field area yang mengajukan penawaran kerjasama servis pada kantor, perusahaan, maupun perorangan
4. Kasir (Cashier)
Kasir pada PT. Astra International Tbk.-ISO bertanggung jawab terhadap keluar masuknya uang dan pengelolaan keuangan (cashflow) yang ada pada cabang termasuk keuangan Departemen Service. Dalam pelaksanaan kegiatan di cabang Lampung, kasir juga merangkap sebagai bendahara. Kasir membuat laporan atas persetujuan Kepala administrasi untuk dikirim kepada Accounting pusat secara periodic.
5. Administrasi Unit (Sales Administration)
Administrasi Unit bertanggung jawab terhadap kegiatan yang terjadi pada unit, termasuk tentang penjualan unit kendaraan dan kegiatan sales. Administrasi unit juga bertugas mengurus surat-surat yang berhubungan dengan kendaraan. Administrasi unit juga bertanggung jawab terhadap jumlah unit stok yang tersedia. Dalam pelaksanaan pelaksanaan kegiatannya administrasi unit bertanggung jawab kepada kepala administrasi.
6. Administrasi Servis (Service Administration)
Administrasi servis bertanggung jawab terhadap laporan akhir termasuk laporan keuangan bengkel dan laporan gudang. Selain itu administrasi servis juga bertanggung terhadap keluar masuknya suku cadang dan bahan. Dalam pelaksanaan kegiatannya, administrasi servis bertanggung jawab kepada kepala administrasi.
7. Sales Supervisor
Sales supervisor bertanggung jawab terhadap pencapaian target penjualan unit kendaraan dan melakukan penawartan terhadap customer, Sales supervisor membentuk group untuk membantu pencapaian target penjualan. Sales supervisor bertanggung jawab kepada cabang. Pada PT. Astra International Tbk.-ISO cabang Lampung, sales supervisor Panther dirangkap oleh Kepala cabang.
8. Sales
Sales dalam pelaksanaannya tugasnya bertanggung jawab kepada sales supervisor. Sales merupakan ujung tombak penjualan kendaraan, sales mempunyai tugas untuk menjual unit kendaraan sesuai dengan target.
9. Mekanik (Mechanic)
Mekanik dalam pelaksanaannya tugasnya bertanggung jawab kepada kepala bengkel. Mekanik bertugas melakukan perbaikan dan perawatan terhadap unit kendaraan customer.


10. Service Advisor
Bertugas memberikan saran kepada customer berkenaan tentang servis kendaraan termasuk menampung keluhan atau masukan dari customer. Service Advisor juga bertugas memberi keterangan kepada mekanik tentang pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan. Service advisor bertanggung jawab kepada Workshop Supervisor.
11. Workshop Supervisor
Bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang terjadi didalam bengkel. Workshop supervisor bertanggung jawab kepada workshop head
12. Technical Advisor
Bertugas untuk menyelesaikan atau membuat kajian tentang claim service yang diajukan serta meneliti apakah klaim trsebut layak diterima atau tidak. Technical advisor bertanggung jawab kepada workshop head.
13. Parts Head
Bertugas mengawasi dan bertanggung jawab terhadap keluar masuknya spare parts dan bahan, termasuk menentukan supply dan ordering. Parts head bertanggung jawab keapada workshop supervisor.

Tidak ada komentar: